Rokok, Kopi dan Sebuah Filosofi

Pertanyaan yg muncul adalah ,kenapa seseorang merokok? Dan kenapa begitu banyak perokok di negara ini?

Ketika pertanyaan demikian ,jawaban yg muncul adalah karna kita akan tahu rasanya apabila kita sudah pernah mencobanya .Rokok adalah salah satu zat adiktif yg implikasinya bisa membuat seseorang menjadi ketagihan .Dan gue pribadi udah nyoba buat ngisap rokok pada saat usia menginjak ditaun yg ke-15 .Sampek saat tulisan ini gue buat ,gue pun masih akrab sebagai seorang pencandunya .Berarti kalo diitung2 ,udah 4 taun usia ngerokok guenya .Berbagai kondisi yg udah gue laluin bersama batang2 rokok sangatlah beragam macamnya ,mulai dari rasa seneng ,bebas ,panik ,lega ,dan keberhasilan yg gue lewati dg membakar batang demi batang .Gue tertarik dg aktivitas macam ini karna terlalu sering buat guenya ngeliat kakak2 senior ngelakuin aktivitas demikian sewaktu masih bermukim dipadepokan pesantren yg pertama dulu .Tanpa bermaksud menyalahkan peran seorang senior ,gue cuma pengen ngasih gambaran aja bahwa seorang senior itu adalah contoh yg paling dekat dan nyata dalam mempengaruhi perilaku si junior yg terkait secara langsung oleh perilakunya .

You feel like this?

You feel like this?

Bisa dibilang ,gue ini terpengaruh secara visual .Dg tampilan yg kayak gitu ,maka jadilah gue yg kayak gini .Naif? Ya nggaklah ..Cuma menghargai kebebasan saat menghembuskan kepulan asap putih ke udara kosong aja .Menjadi bebas seperti asap adalah cita2 anak muda seperti gue ini .Siapa yg nggak pengen bebas? Flashback ke masa kepenjajahan dulu .Bangsa ini adalah bangsa yg pernah tertekan oleh penjajahan Portugis ,Belanda dan Jepang .Pada masa itu berbagai tekanan2 muncul dari stimulus yg timbul .Konon katanya ,rasa gelisah tsb dapat menurun secara genetik .Oleh karena itu ,bisa dibilang kaum pribumi di negri ini menurunkan secara tidak sengaja rasa gelisah mereka kepada anak cucunya .

Sampai saat ini perasaan tertekan itu berubah menjadi kepulan asap yg diharapkan bisa membawa lari rasa gelisah didalam diri .Tapi kalo menurut hemat guenya ,perasaan gelisah tsb nggak lari begitu aja tetapi udah tersublimasi menjadi batang demi batang yg siap dibakar .Maka sesuailah peribahasa yg mengatakan “Tidak ada asap ,kalo tidak ada api yg menyulutnya” .Mengutip teori tentang Social Learning ,menurut gue ,merokok adalah salah satu cara untuk mendapatkan status sosial .Si perokok ini menjadi belajar bagaimana cara doi supaya bisa diterima dilingkungannya .Dg sebatang rokok plus berucap “Mas ,boleh pinjem korek api ato kompor gasnya mungkin?” kepada orang lain ,suatu obrolan ringan pun sudah bisa dimulai .Jangan segan meminjam pemantik rokok ke orang lain .Ketika pemantik sodara hilang ato lupa membawanya ,hanya dg melangkahkan kaki 2 langkah ke samping kiri ato kanan ,maju 5 langkah ke depan ,mundur 3 langkah ke belakang ,melencangkan tangan ke depan serta mengikuti semua aba2 dari ketua pleton (dikira PBB kali yak :p ) maka ,sodara dg mudahnya akan menemukan perokok yg tujuan hidupnya sama seperti sodara .INGIN BEBAS!
Saling mengisi ,saling melengkapi dan saling meniadakan .Yap ..Merokok hanyalah salah satu cara manusia untuk bertahan terhadap stress yg melanda pikiran .

***

Beberapa waktu hari yg lalu bertepatan dg munculnya ide ngebuat tulisan ini ,ada salah seorang guru yg ceramah didepan gue dan temen2 sekelas tentang bahaya merokok .Awalnya sih guenya fine2 aja nanggepin apa yg beliau sampein pas waktu itu ,tapi lama kelamaan udah beda lagi ceritanya .Emang dasar darah2 muda yg gampang ke provokasinya ,gue disitu ngerasa semacam ada silinder blok motor yg didalemnya terdapat sebuah seker yg lagi ngelakuin salah satu dari empat langkah kerja motor yaitu langkah kompresi .Iya bener ..Emosi gue terbakar waktu itu dan mengutuk keras salah satu ucapan beliau yg berbunyi “Rokok? Apa itu rokok? Saya nggak ngerti kenapa banyak orang2 yg suka ngerokok .Jelas2 rokok hanya akan mendatangkan kemudharatannya saja”

Wew ..Munafik! Iya munafik ..Gue gak tau apa yg ada dibenak beliau ketika berkata demikian .Jujur aja ,ucapan beliau yg demikian itu sangatlah pantas untuk diacungi golok! Andai aja status gue waktu itu bukanlah salah seorang dari murid beliau ,mungkin hal yg akan gue lakuin ke beliaunya adalah dg memprotesnya dg kalimat “Ter ..La ..Lu ..” 😐
Dilain sisi ,gue tetep ngasih respect gue ke beliaunya sebagai seorang guru yg care karna udah berusaha buat ngingetin anak2 didiknya perihal permasalahan ini .Terlepas dari itu semua ,apa yg beliau sampein ke gue dan temen2 waktu itu jelas2 hanyalah efek2 yg bersifat negatifnya aja tanpa perlu memandang efek positif dari rokok itu juga .

Lho kok ,emang rokok punya efek positifnya?
 

Ya jelas ada-lah ..Ada ungkapan bijak yg mengatakan “Tidak ada yg tidak berguna ciptaan tuhan dimuka bumi ini bagi semua para makhluk2nya” .Dari kutipan tadi ,gak kredibel banget dong namanya kalo tuhan nyiptain rokok itu hanya yg bersifat negatifnya aja .Sebagai seorang yg pro terhadap kehadiran rokok ,gue mau ngebeberin hal2 positif dari rokok itu sendiri .Apa itu? Yuk ah mari! :

  1. Dilihat dari sisi ekonomi
    Apakah sudah ada yg memikirkan bagaimana nasib untuk para petani tembakau dan cengkeh selanjutnya? Apakah sudah ada yg menyiapkan lahan pekerjaan untuk jutaan orang termasuk karyawan pabrik ,distributor ,penjual asongan dll?
  2. Dilihat dari sisi nasionalisme
    40% keuntungan pabrik rokok itu menjadi milik negara melalui pajaknya ,dan rokok adalah salah satu sumber devisa negara terbesar ketimbang disektor lain2nya .
    Bisa jadi ,jalan raya yg biasa sodara lewati itu adalah hasil dari pembelian rokok gue tiap harinya .Berarti ,secara nggak langsungnya ,gue itu udah ikutan nyumbang ngebangun pembangunan di Indonesia ini  🙂
    Pertanyaannya ,Apa yg sudah sodara berikan untuk negara ini?
  3. Dilihat dari sisi agama
    Adakah hadist yg mengatakan tentang larangan untuk merokok? Adakah kalamullah yg mengatakan rokok itu dilarang? Adakah ijma’ ato hukum qiyas yg isinya melarang ato mengharamkan seseorang untuk merokok? Nothing ..
  4. Dilihat dari sisi hiburan
    Dalam industri perfilman Holywood ,terdapat sebuah karakter yg dinamakan Koboy (CowBoy) .Koboy sendiri sebenarnya adalah gembala sapi yg menunggang kuda yg dilakukan oleh sebagian warga Texas Amerika sesudah perang saudara yg berkecamuk pada taun 1865 .Nah ,kalo didalem Film Koboy itu sendiri ,lazimnya akan terlihat lebih stylish jika karakter koboy tsb naik kudanya sambil ngerokok .Soalnya ,kalo naik kudanya itu sambil ngupil ,bisa2 nggak lulus sensor deh & hak siarnya bakalan dicekal sama KPI .Begitcyhu~
  5. Dilihat dari sisi kesehatan
    Berapa banyak orang2 yg tidak jadi stres karna rokok? Rokok dapat menentramkan pikiran dan menenangkan hati yg sedang galau .Semangat hidup seseorang menjadi bertambah karna sugestinya bisa menghilangkan kegelisahan .Selain itu ,gue juga gak pernah denger tuh sama yg namanya berita kalo ada orang yg mati dalam keadaan sambil ngerokok .Jadi ,ya bisa dibilang rokok itu tidak mengakibatklan seseorang menjadi hilang nyawa ketika sedang menghisapnya :p
    Merokok mati ,gak ngerokok juga mati .Jadi ya mending ngerokok sampek mati ..

Jadi ,gimana? Masih nganggep kalo rokok itu efeknya negatif aja? Think again! 🙂

***

Selanjutnya yg kedua tentang kopi .

cangkir-kopi

Tau kopi kan? Bukan ..Itu bukan kopi tapi topi .Gue yakin banget ,dari yg namanya anak kecil sampek dg nenek2 akrobatik juga semuanya udah pada tau apa itu kopi .

Ketika mendengar kata “kopi” ,semua bebas buat berinpretasi .Bisa aja membayangkan suatu cairan hitam pekat dan pait ,sajian lembut yg menemani obrolan bersama teman2 ,pasangan yg klop ketika nyala api sudah membakar ujung dari batang rokok ,ato mungkin sebuah unju’an yg menemani dikala aktivitas jaga lilin dilakukan pada waktu tengah malam tiba .Saat ini ,kenikmatan dari secangkir kopi bukanlah hal yg sulit dicari ,dari toko tetangga yg siap menjajakan se-sachet mungil untuk dijualnya seharga 1000 perak ,warung2 kopi ,angkringan hingga sampai kedai elit tempat para pebisnis2 perlente bertransaksi yg menyediakan secangkir kopi dg harga yg terbilang “WOW!” .

Lantas ,apa yg dicari dari secangkir kopi? Dari yg namanya tukang becak sampek dg miliader sukses juga semuanya pasti bakalan berlomba2 ngeekspresiin kenikmatan dari secangkir kopi tsb dg decakan mendesah “Ahh ..” pada tiap sesapan pertamanya .

Lantas juga ,apa yg begitu membedakan kopi dg minuman lainnya? Bukankah kola berkarbonasi itu lebih manis? Wine kelas tinggi itu lebih berkelas? Irex lebih berenergi? Topi Miring lebih menghangatkan? Susu kental-kentulnya Jupe lebih enak & nikmat? Entahlah ..Yg JELAS ,kopi punya perbedaan yg mendasar dari keseluruhannya .

Susunya emang bener2 full ,nggak setengah2 #IfYouKnowWhatIMean

Susunya itu emang bener2 full ya?! Nggak setengah2 #IfYouKnowWhatIMean

Jelas? Tapi apa?

Gue bisa bilang ,Rasanya .Pastinya ,kakek2 yg nggak bisa nyebrang jalan juga tau kalo kopi itu punya rasa yg berbeda dari sekedar minuman2 lainnya .Tapi ,yg gue maksud ini adalah rasanya yg pait .Hitamnya kopi ,paitnya kopi bisa dibilang adalah sebagai pengingat bahwa hidup ini tidaklah semudah membalikan telapak kakinya gajah ,dg kata lain pait .Perjuangan itu pait .Meminum kopi ,bersantai sejenak dari sebuah perjuangan ,merasakan kepaitan2 yg dibantu dg rasa paitnya secangkir kopi ,berefleksi sejenak bahwa sejauh itulah kita sudah berjalan .Sepanjang itulah usaha yg sudah kita lakukan .

Refleksi .Peristirahatan sesaat untuk persiapan bertempur kembali mewujudkan sebuah cita2 ,itulah filosofi guenya .Bagaimana dg sodara? Sudah minum kopi hari ini?
Kalo gue udah ..Minum dua ..Puluh gelas .. #Lol 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

”kumpulan
Oktober 2013
S S R K J S M
« Sep   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d blogger menyukai ini: