Cara Mudah Merawat Kuda Bebek Jupiter MX

Jupiter MX adalah salah satu produk canggih sepeda motor tipe Sport pertama yg di luncurkan oleh Yamaha yg sudah di lengkapi dg sistem pendingin mesin ato biasa disebut juga dg nama Radiator .Dg demikian ,maka perlu perawatan khusus terhadap Jupie (nama lain dari Jupiter MX) yg satu ini .Pada kesempatan kali ini ,saya akan menjabarkan serba-serbi tentang Jupiter MX keluaran tahun 2006 .Sebelum melakukan perawatan rutin dan identifikasi kerusakan pada Jupie MX kali ini ,seabiknya kita perlu mengetahui spesifikasi dari Jupiter MX kali ini .Berikut ini adalah spesifikasinya :

MESIN

Tipe Mesin                    :4 Langkah ,SOHC ,4 Klep (Berpendingin Cairan)
Diameter x Langkah       : 54.0 x 58.7 mm
Volume Silinder             : 135 CC
Perbandingan Kompresi : 10.9 : 1
Power Max                   : 8 ,45kW (11 ,33HP) pada 8500 rpm
Torsi Max                     : 11 ,65N.m (1 ,165 kgf.m) pada 5500 rpm
Sistem pelumasan        : Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin      : Penggantian Berkala 800cc
Penggantian Total 1000cc
Kap .Air Pendingin        : Radiator dan Mesin 620cc
Tangki Recovery 280cc ,Total 900cc
Karburator                    : Mikuni VM 22 x 1 ,Setelan Pilot Screw 1-5/8 putaran keluar
Put Langsam mesin      : 1.400 rpm
Saringan Udara Mesin   : Tipe Kering
Sistem Starter              : Motor Starter dan Starter Engkol
Tipe Transmisi              : Tipe ROTARY 4 Kecepatan ,dg kopling manual

CHASIS
Tipe Rangka                 : Diamond Frame
Suspensi Depan           : Telescopic Fork
Suspensi Belakang       : Tunggal / Monocross
Rem Depan                  : Cakram Tunggal 220 mm
Rem Belakang              : Tromol dg Bahan “Non Asbestos”
Ban Depan                   : 70/90 – 17 dg Velg Racing
Ban Belakang               : 80/90 – 17 dg Velg Racing
Ukuran Rantai               : 428

KELISTRIKAN
Lampu Depan               : 12 Volt ,32 W / 32 W
Lampu Sein Depan       : 12 Volt ,10 W x 2 buah
Lampu Sein Belakang   : 12 Volt ,10 W x 2 buah
Lampu Rem                 : 12 Volt ,5 W / 21 W x 1 buah
Battery                        : GM5Z – 3B / YB 5L-B 12 Volt 5 ,0 Ah
Busi / Spark Plug         : NGK CPR 8 EA-9 / DENSO U 24 EPR-9
Sistem Pengapian        : DC CDI
Sekring                        : 10 Ampere

DIMENSI
P x L x T                     : 1.945 mm x 705 mm x 1.065 mm
Tinggi Tempat Duduk    : 770 mm
Jarak Sumbu Roda       : 1.245 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 140 mm
Kap. Tangki Bahan Bakar : 4 Liter
Berat Isi : 109 kg
Berat Kosong : 104 kg

PERAWATAN

1. Oli Mesin 
     Penggantian oli max 4000 km sesuai standart pada motor Yamaha yg sudah dibekali dg oli standardnya yaitu YAMALUBE .dg begitu kita nggak perlu susah2 untuk mencari oli yg cocok untuk dipakai pada motor Yamaha kita sendiri .Dalam pemakaian oli ,sebaiknya kita jangan pernah mengganti2 jenis oli yg ingin dipakai .Setiap jenis atopun merk oli yg dikeluarkan oleh pabrikan itu pastinya memiliki SAE kekentalan oli yg berbeda2 .Pemakaian oli yg berganti2 jenis atopun merk secara terus menerus dapat menyebabkan keausan dan bunyi kasar terhadap mesin sebelom masa garansi habis .
Cara untuk mengganti olinya pun sangatlah mudah .cekidot :

  • buka terlebih dahulu tutup oli yg atas
  • buka tutup oli bagian baeah mesin dan tampung oli yg sebelumnya sudah ada dalam kalter mesin
  • semprot dari lubang atas mesin dg menggunakan kompreso angin sekitar sekitar 5 detik dan jangan terlalu lama .Karena akan mengakibatkan kondisi dalam mesin menjadi kering ,kemudian semprot tutup oli bagian bawah beserta filternya dan pasangkan lagi pada tempat semula .Letak Filter jangan sampai terbalik .
  • masukkan oli baru yg sudah disediakan dg ketentuan 800 ml .
  • pasangkan kembali tutup bagian atas .
  • engkol berulang kali kemudian nyalakan mesin untuk pemanasan agar oli naik .jangan di gas tinggi .

2. Karburator
     Pada MX karburator berbeda dg motor bebek lainnya .Di dalamnya sudah menggunakan Sensor Switch yg dihubungkan ke CDI guna membaca takaran udara yg masuk dalam hitungan 40 map .Tapi hiraukan saja ,toh nggak di pasang juga gak papa .Efeknya pun dikit bangeet ..hanya mengurangi performa dari kecepatan CDI dalam memajukan sinyal untuk api busi dalam setiap tarikan gas .
Cara membarsihkannya cukup mudah ,bongkar lalu semprot dan pasangkan lagi seperti semula .Penyetelan udara masuk sesuai standardnya adalah 2 kali putaran setelah dikencangkan kemudian atur setelan gasnya sesuai selera anda .

3. Busi
    Busi yg sudah mati tidak dapat di perbaiki lagi alias harus diganti .Apabila percikan api dari busi sudah tidak lagi berwarna biru sebaiknya ganti saja sebelum mati mendadak di jalan dan merepotkan anda .Pengecekkan busi dilakukan sebaiknya pada ketentuan +_ 10000 km .  

4. Tekanan Angin Pada Ban
    Tekanan angin pada ban Jupie yg satu ini sebaiknya jangan terlalu kencang karna dapat membuat bodi plastik mengeluarkan bunyi yg agak berisik akibat hentakan dijalanan .Dg ketentuan 3,5 msi untuk depan dan 4 msi untuk belakang .

5. Pengaturan Rantai
    Setel rantai jangan terlalu kencang dan kendor dg ukuran 2 cm kebebasan jarak gerak rantai ke atas dan ke bawah .Pengecekan dilakukan 2 minggu sekali .Gunakanlah Chainlube untuk melumasinya jangan menggunakan oli bekas karena dapat menyebabkan rantai cepat molor .

6. Kampas Rem 
   Lakukan pembersihan setiap kali anda mencuci motor anda dg menggunakan sikat ,apabila sudah terasa tidak bisa untuk melakukan pengereman maka sebaiknya periksa dan ganti apabila kanvas rem sudah mulai menipis .Biasanya penggantian kanvas rem dalam jangka waktu 3 bulan sekali untuk belakang dan 4 bulan sekali untuk depan dan itu semua tidak bisa dipastikan karena semuanya kembali lagi kepada kecenderungan si pengguna tsb :-p

 

44 Komentar (+add yours?)

  1. capung2
    Apr 12, 2013 @ 03:22:10

    tips2 yg sgt bermanfaat… thx for sharing !

    Pada tanggal 12/04/13, Duniaku (juga mungkin) Duniamu

    Balas

    • Rizuly
      Apr 15, 2013 @ 12:29:07

      sebenarnya ,cara perawatannya itu hampir sama kayak macam2 motor lainnya .khusus Jupie MX yg utamanya motor Sport ,bedanya cuma ada diproses pengecekan olinya aja yg harus dicek tiap 2 minggu sekali .

      Balas

      • Anonim
        Okt 15, 2013 @ 22:23:09

        Bos numpang nanya nih….. knpa ko JMX ane kadang” nayala kadang” mati listrik nya jadi kl mau di hidupin harus di selah dulu… KAlo lagi nyala listrik nya pas di kontakin suka bunyi kipas nya….. lebih baik kipas nya di cabut apa sebaik nya jangn?? ane pengguna baru JMX. mhon di tanggapi bos….

        Balas

  2. Anonim
    Jun 06, 2013 @ 12:55:15

    Kenalpot jupie kebanyakan mudah sekali keropos kenapa z……??

    Balas

    • Rizuly
      Jun 07, 2013 @ 07:06:49

      itu gara2 Over Heat dari out-take manifold-nya bro yg nyambung langsung ke leher angsa .sering2 buat ganti air Radiatornya ,minimal 3 bulan sekali .

      Balas

  3. kurowo
    Jun 26, 2013 @ 01:23:28

    kenapa kecepatannya gk bisa di dongkrak dngan mesin standat pabrik…..?

    Balas

    • Rizuly
      Jul 11, 2013 @ 02:41:33

      siapa bilang? bisa kok! tapi mungkin nggak cuma yg ada disistem mesinnya doang yg harus dibenahi ,contohnya adalah CDI .coba diganti aja CDI bawaan pabrik dg CDI dg limiter yg gede .trus juga Koil-nya kalo bisa diganti juga sama Koil yg tipe Booster .untuk permasalahan di sistem mesinnya ,lebih amannya mungkin kalo bermain disistem modif Noken As-nya aja ketimbang ngorek ato bedah isi mesin .

      Balas

  4. Ricky Mx
    Jul 09, 2013 @ 17:06:01

    kalau air radiator berapa km musti ganti?

    Balas

  5. hendra
    Jul 14, 2013 @ 06:55:32

    thank you gan sangat membantu,, cos ane pengguna baru di jupiter mx 135

    Balas

  6. ronal
    Jul 24, 2013 @ 09:25:07

    hy sob,,,,,gw puya keluhan ni tentang motorjupiter mx saya ,knpa ya bunyi mesin kalau sedang berdiri bunyi nya itu deras ,,n gmna ya cra mngatasi nya,,,,,kasi bantuanya ya,,,thanks,,,

    Balas

    • ulil
      Jul 25, 2013 @ 06:59:16

      permisi brow numpang tanya . mx saya tak kasih shock yss kok kekecilan baut yang atas nya ya brow.. jadi pas dah di pasang ,arm nya kalau di tarik keatas tu bisa kayak nya lubang shock yg atas sama baut nya gak imbang .. gmana solusinya ?? matur nuwun

      Balas

    • Rizuly
      Sep 09, 2013 @ 03:49:32

      berdiri kayak gimana nih maksutnya? standing gitu mungkin?

      Balas

      • Anonim
        Sep 19, 2013 @ 16:14:45

        numpang nimbro sobat, mau nanya,ap bedanya skok beker blkg klo mati/hidup? nah saat stndar 2 ban belakg saya trik atas bisa ap itu shok uda mati? ap shasis Arm nya? mhn bls thank. Adit

        Balas

  7. Anonim
    Jul 28, 2013 @ 14:52:37

    gini bro, sy punya mx radiatornya bocor tapi dah aku tempei pakai lem, pngaruh gak tu…?

    Balas

    • Rizuly
      Sep 09, 2013 @ 04:01:48

      ditempelin ama lem? hahaha ..ya jelas ada pengaruhnyalah .lem kan senyawanya beda sama besinya mesin .nah ,seandainya panas yg dihasilin dari mesin itu terkontaminasi ama lem itu tadi ,ya otomatis lem itu tadi akan jadi leleh dan cairan/air radiator itu tadi akan berkurang .efeknya ya OverHeat-lah yg terjadi .

      Balas

  8. bali tour
    Agu 26, 2013 @ 05:08:30

    Artikel yang bagus
    thanks infonya 🙂
    bagi kalian yang ingin berlibur ke bali, silahkan kunjungi website kami febri’s bali tour

    Balas

  9. Anonim
    Agu 28, 2013 @ 07:51:13

    bro jupiter MX sy lampu pendingin radiator yang dispidometer berkedip 5x klo kontaknya di on kan setelah dinyalain mesinnya lampunya nyala terus gak ngedip”, n klo ud dibawa ngebut baru mati lampunya masalahnya tu apa ya bro?
    tks bro…

    Balas

  10. Hasbi Abdillah
    Sep 08, 2013 @ 13:23:52

    bro mau tanya ne,, kalo di mesin suara tik tik tik apanya bro?
    terimakasih

    Balas

    • Rizuly
      Sep 09, 2013 @ 04:09:03

      bisa jadi ntuh bantalan/kalker as kruknya itu copot ato lepas ama poros engkolnya bro ..pernah juga ngalamin nih ama yg kayak begian gegara kebanyakan ngelewati jalan yg gradakan

      Balas

  11. yuyus
    Sep 09, 2013 @ 08:53:38

    Motor mx ane kalo tarik gas suka ngerended dulu kenapa yaaa ??

    Balas

    • Rizuly
      Sep 15, 2013 @ 07:58:08

      filter karburatornya dipasang apa kagak tuh? biasanya ya itu tuh penyebabnya ,filternya dicopot trus perbandingan angin ama bensinnya jadi gak sesuai .

      Balas

  12. aswin
    Sep 11, 2013 @ 19:56:24

    kenapa mx saya kok tarikan berat bgt,, apa sebabnya dan gimana caranya supaya tarikan gasnya enteng,, padahal udah ganti kabel gas baruu,,,?

    Balas

  13. Anonim
    Sep 26, 2013 @ 08:44:54

    thank’s krn sangat membantu bg pengguna jupi mx

    Balas

  14. Bintang
    Sep 27, 2013 @ 04:12:52

    Mas, saya pngen sugestionnya , boleh ya..
    selama ini motor saya yamaha terus, dan kyknya lebih cocok klo pake, kbtlan ada rencana mau ambil NJMX yg karbu, soalnya skrg ud launch yg versi injeksi dan sepertinya saya g begitu suka injeksi, klo menurut mas, sejauh ini NJMX itu enak & nyaman ga? contoh aja klo dibuat touring, ama dipake muter2 hari2.. thanks 4 sugestion

    Balas

    • Hanif
      Okt 05, 2013 @ 09:43:32

      Njmx tu kalo di buat harian juga oke, dan semisal turing juga lumayan, krna suspensi dan stirnya sudh lebih lebar jdi lebih terasa nyaman

      Balas

  15. Anonim
    Sep 27, 2013 @ 23:38:03

    sebenarnya ,cara
    perawatannya itu
    hampir sama kayak
    macam2 motor
    lainnya .khusus Jupie
    MX yg utamanya motor
    Sport ,bedanya cuma
    ada diproses
    pengecekan olinya aja
    yg harus dicek tiap 2
    minggu sekali .

    Balas

  16. Anonim
    Okt 14, 2013 @ 06:44:16

    permisi friend,,,gwa mau nyak,,ban ap ya yang bagus untuk mosian,,,,thanks frend,,

    Balas

  17. Anonim
    Okt 15, 2013 @ 14:26:30

    bro napa ya motor gue<< kan kipas rediatornya sering bunyi<< apa penyebabnya ya????

    Balas

  18. Dany
    Okt 15, 2013 @ 22:29:23

    Bos numpang nanya nih….. knpa ko JMX ane kadang” nayala kadang” mati listrik nya jadi kl mau di hidupin harus di selah dulu… KAlo lagi nyala listrik nya pas di kontakin suka bunyi kipas nya….. lebih baik kipas nya di cabut apa sebaik nya jangn?? ane pengguna baru JMX. mhon di tanggapi bos….

    Balas

  19. Junn
    Okt 17, 2013 @ 02:45:44

    Wah Masbro, ini tips darimana? ngoahaha~
    ajiiibb~

    kenapa ajib? soalnya ane dr dlu jg kotak katik Jupie ane sendiri pake tips yang sama kayak agan,, wahahaha

    alhasil, ampe sekarang jupie ane masih awet, dan temen2 ane yg pinjem motor ane bilang, “motornya masih bagus dan enak(dimakan aja klo enak), g beli ye?”
    hehehe 😀

    nice inpoh masbro~!

    Balas

  20. sandy
    Okt 20, 2013 @ 15:03:49

    mx ane kipas nya mutar terus mulai ngidupin kontak idup juga kipas.a , knpa knalpot mx ad blong kecil dbagian bwah.a klo ane tutupin pake tambalan panci ngaruh gk tuh..?

    Balas

  21. adi
    Okt 28, 2013 @ 02:47:04

    bro mau tanya ini jupi mx th 2006 hbs ganti seher dll pernah juga seperti bubur oliq udah q ganti selnya udah sembuh tp skrg air diradiator berkurang turun ke reservoirnya, sampai di tabung reservoir kadang nek udah penuh muncrat aire radiatorq trus kosong,mhn bantuane??….

    Balas

  22. Anonim
    Okt 28, 2013 @ 15:27:21

    Bro ane mo nanya nih mx 2006 ane udah mulai minum oli apa penyebabnya

    Balas

  23. Riko
    Okt 29, 2013 @ 11:40:56

    Gmn cara hdpin kipas ny

    Balas

  24. mun..
    Nov 03, 2013 @ 06:12:31

    gan klo CDI JMX di ganti sama CDI GL MAX bisa gak gan..?

    Balas

  25. iriyansyah adam
    Nov 10, 2013 @ 08:10:51

    Bro, mx saya boringannya pake vixion terus karbu pake pe 28. .
    Tp pas gas di puter sekaligus suka berebed atau gk spontan, harus gimana caranya??

    Balas

  26. ramli
    Nov 15, 2013 @ 15:17:33

    Mas Bro….. mau nanya nihh. knp JMX aye klu lg di kendarai/jalan trus tiba2 krn kondisi jln aye narik kopleng gitu mesinnya ko malah mati

    Balas

  27. ucok
    Nov 29, 2013 @ 12:32:40

    Άďά yang tau gak, apa aja Υαπǥ ๒เรค di modifikasi di jupie ini, biar aman dari polisi,,
    Sperti step underbone, kepala mio, knalpot bobokan, dll, ๒เรค gak gan?

    Balas

Tinggalkan komentar

”kumpulan
April 2013
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930